Pemahaman Mapan di Usia 20an

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Pemahaman Mapan di Usia 20an

“Gaji tetap, udah bisa nyicil rumah sekaligus jalan-jalan.” Barangkali itu yang ada di pikiran kalian ketika membayangkan sebuah kemapanan di usia muda. Mapan adalah perihal sensitif di Indonesia mengingat orang tua jaman dulu menilai kualifikasi seseorang dari bibit, bebet dan bobot tersendiri. Namun sesungguhnya mapan bukan hanya sebatas definisi di atas. Terdapat beberapa hal mendasar yang harus dimiliki sehingga layak disebut mapan di usia muda, yaitu:

 

  • Hidup teratur

Di fase ini kamu sudah mulai pandai mengatur apa saja yang kamu butuhkan baik dari dari sisi perencanaan keuangan maupun waktu untuk diri sendiri. Kamu juga berkenan memilah pertemanan yang bermanfaat serta kegiatan yang mampu menunjang potensimu. Sebab kamu tahu betapa berharganya waktumu.

 

  • Kebebasan finansial

Ini bukan soal kamu sudah bisa jalan-jalan atau beli apapun dengan uangmu sendiri. Tapi lebih ke apakah kamu sudah memiliki simpanan untuk hidupmu agar ke depannya tidak lagi bergantung pada orang lain atau orang tua lagi. Awali dengan menginvestasikan pendapatanmu ke Reksa Dana Saham yang cocok banget buat 5-10 tahun mendatang.

 

  • Visi dan misi

Umumnya banyak yang masih bingung tentang apa yang ingin mereka capai dan dapatkan di usia 20 tahunan. Biasanya kamu kenal dengan sebutan quarter life crisis khususnya buatmu yang berusia 25 tahun. Jika nanti menghadapi tahap ini, fokuskan kembali tujuanmu dan evaluasi lagi hal-hal yang sudah kamu kerjakan. Tiap orang punya kesuksesan masing-masing, maka dari itu jangan membandingkan diri yah.

 

  • Berani risiko

Setiap langkah tentu ada perhitungannya. Hanya saja jika kamu kebanyakan pertimbangan, malah kamu sulit maju. Apapun yang kamu jalani sekarang atau nanti, hadapi kemudian tekuni. Gagal itu sudah biasa dalam perjalanan hidup, tapi justru menjadi pelajaran yang tak ternilai. Berlapang dada dan pantang menyerah, percayalah bahwa proses tidak akan menghianati hasil.

 

Mapan itu definisinya sederhana kok. Yang penting utamanya ialah berinvestasi, sebab itulah yang sebenarnya membuat keuanganmu lebih nyaman nantinya. Kesiapan versimu seperti apa? Share ya!

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *